Tentang “Festival Musik dalam Layar”

Festival ini adalah sebuah serial empat kali pertunjukan virtual yang akan diselenggarakan dalam empat minggu di bulan September – Oktober 2020, yang menampilkan musisi dan seniman bunyi Indonesia.

Tujuan festival ini selain memberikan ruang kepada musisi dan seniman bunyi untuk tetap hadir menyapa pendengar yang lebih luas dengan memanfaatkan akses internet, juga bertujuan untuk membuka kesempatan bagi para musisi dan seniman bunyi Indonesia yang terdampak secara ekonomi selama pandemi Covid-19 untuk setidaknya bisa mendapatkan pendapatan dari partisipasinya dalam program ini.

Festival ini diinisiasi oleh Jay Afrisando dengan didukung oleh dana hibah (grant) dari Onebeat Accelerator, New York, Amerika Serikat.

 

Siapa saja yang dapat berpartisipasi dalam festival ini?

Untuk berpartisipasi sebagai penampil dalam festival ini, Anda hanya perlu memenuhi satu syarat berikut ini: WNI dan berdomisili di wilayah negara Indonesia.

Meskipun demikian, kami memprioritaskan para musisi dan seniman bunyi yang terdampak secara ekonomi selama pandemi Covid-19, seperti pembatalan pentas, kehilangan kontrak kerja, dll. 

Program ini mengedepankan keberagaman, termasuk keberagaman format penampil (solo/duo/grup yang terdiri dari tiga orang atau lebih), genre musik (dangdut, jazz, pop, rock, keroncong, metal, musik tradisi Indonesia dan jenis-jenis musik lain yang bahkan tidak termasuk dalam genre tertentu secara umum), asal/domisili penampil, dan juga gender. Sehingga diharapkan program ini bisa memberikan gambaran yang cukup luas terhadap keberagaman dan perkembangan musik dan seni bunyi di Indonesia.

Selain itu, kami juga membuka kesempatan kolaborasi dengan pihak lain yang tertarik dalam program ini. Untuk memberikan dukungan baik secara material maupun non-material untuk keberlangsungan program ini, silakan mengirimkan email ke alamat berikut: kontak.fmdl@gmail.com

 

Bagaimana cara mendaftarkan diri untuk menjadi penampil dalam festival ini?

Silakan mengisi formulir dengan klik di sini: Formulir Pendaftaran.

 

Anda perlu menyiapkan data-data penampil, profil penampil (maksimal dalam 250 kata), serta dua tautan menuju video pertunjukan yang sebelumnya pernah dilakukan (selama tahun 2015-2020).

Tautan yang dimaksud adalah tautan menuju video yang telah diunggah di media sosial seperti Youtube, Instagram, Twitter, dan Website, ataupun tautan menuju cloud storage pribadi seperti Google Drive. Pastikan tautan tersebut bisa diakses.

 

Kapan periode pendaftaran penampil?

Pendaftaran sebagai penampil dalam festival ini dibuka dari hari Rabu, tanggal 29 Juli 2020 pukul 12:00 WIB dan ditutup pada hari Rabu, tanggal 5 Agustus 2020, pukul 23:59 WIB.

Nama-nama para penampil yang terpilih akan diumumkan pada tanggal 20 Agustus 2020.

Jika terpilih sebagai penampil dalam festival ini, apa yang harus dilakukan para penampil terpilih?

Sebagai salah satu usaha untuk mematuhi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 yang sekaligus sejalan dengan tema “Festival Musik dalam Layar”, festival ini akan dilakukan secara virtual. Tiap-tiap penampil akan diwajibkan untuk mengirimkan video penampilan mereka yang khusus dibuat untuk festival ini dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Bagi penampil dengan format duo dan juga grup beranggota tiga orang atau lebih, diwajibkan mengirimkan video berupa kolase penampilan tiap anggotanya yang memainkan musik dari rumah masing-masing. Contoh video berupa kolase adalah sebagai berikut: contoh 1, contoh 2, dan contoh 3.

Video yang dikumpulkan adalah satu file video yang dapat direkam dengan media rekam apa saja (termasuk telepon selular) dengan format video full HD 1080p, ekstensi .mp4 (H264/MPEG-4), dengan audio dua kanal (two channels/stereo) dengan durasi 7 – 10 menit (dapat berupa satu karya utuh maupun gabungan dari beberapa karya).

Karya yang dibawakan dalam video tersebut boleh karya sendiri maupun karya orang lain dengan menyertakan atribusi (penyebutan/pencantuman) pencipta karya tersebut, agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

 

Berapa kompensasi yang ditawarkan untuk berpartisipasi sebagai penampil dalam festival ini?

Dengan dana hibah yang kami terima, kami menawarkan kerja sama penampilan untuk 4 penampil solo, 4 grup penampil duo, dan 4 grup penampil dengan anggota tiga orang atau lebih, dengan dana apresiasi sebagai berikut:

  1. Rp 500.000 untuk masing-masing penampil solo.

  2. Rp 750.000 untuk masing-masing grup penampil duo.

  3. Rp 1.500.000 untuk masing-masing grup penampil dengan anggota 3 orang atau lebih.

Siapakah tim kurator dalam festival ini?

Penampil untuk festival ini akan dipilih dan dikurasi oleh tim kurator yang terdiri dari tiga orang musisi dan seniman bunyi Indonesia, sekaligus komposer dan penulis lagu (songwriter). Ketiga kurator festival ini memiliki latar belakang, genre musik, dan pengalaman bermusik dan berkesenian yang berbeda-beda.

Untuk menjaga netralitas dalam kurasi, nama-nama anggota tim kurator akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman penampil terpilih, pada tanggal 20 Agustus 2020.

 

Hubungi Kami

Jika ada pertanyaan terkait dengan “Festival Musik dalam Layar” maupun terkait dengan pendaftaran sebagai penampil, silakan mengirimkan email ke alamat berikut: kontak.fmdl@gmail.com

 

Terima kasih.
Salam dari kami, tim
Festival Musik dalam Layar!

© Jay Afrisando 2020