_#KelasKomposisi_

Tentang Kelas Komposisi

#KelasKomposisi adalah sebuah seri kelas 8 pertemuan GRATIS untuk komposer Indonesia yang sedang meniti karir (early career) yang bertujuan untuk membantu mempersiapkan generasi muda komposer Indonesia dalam membangun karirnya di masa depan. Kelas ini juga memiliki tujuan untuk mempertemukan komposer Indonesia yang sedang meniti karir dan membangun jejaring profesi sejak dini agar dapat menciptakan ekosistem kesenian yang bertumbuh, berkelanjutan, dan saling memberikan manfaat.

Dengan demikian, kelas ini akan disampaikan dalam bentuk
master class, diskusi, dan lokakarya yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta kelas dan tantangan masa depan dunia komposisi musik yang luas.

#KelasKomposisi ini akan berlangsung setiap hari Sabtu, 08:00-09:40 WIB dari tanggal 9 Juli – 27 Agustus 2022 dan dilakukan secara daring (
online). Kelas ini dibuka untuk maksimum 20 orang.

#KelasKomposisi ini akan dipandu oleh Jay Afrisando, komposer dan seniman multimedia (
lihat profil di bagian paling bawah).

 

Syarat Pendaftaran

 
  1. WNI dan berdomisili di wilayah Republik Indonesia.
     

  2. Usia maksimal 35 tahun pada 31 Desember 2022 (lahir sesudah 31 Desember 1987).
     

  3. Komposer yang sedang meniti karir.

    Penjelasan: yaitu komposer yang telah melakukan praktik komposisi musik dalam arti luas, yang meliputi—namun tidak terbatas pada—komposisi untuk ansambel, komposisi musik film, instalasi bunyi, musik tari, komposisi musik antardisiplin, dan komposisi yang menembus batas-batas konvensional, selama kurang dari 5 tahun. Komposer yang menggeluti profesi lain lebih dari 5 tahun namun baru menekuni bidang komposisi musik di bawah 5 tahun diperkenankan untuk mendaftar.

    Contoh: musisi yang sudah berpengalaman sebagai penampil musik sejak tahun 2010, namun baru memulai karir sebagai komposer di tahun 2020 termasuk dalam kategori komposer yang sedang meniti karir yang dimaksud dalam poin ini, sehingga diperkenankan untuk mendaftar.
     

  4. Belum pernah mendapatkan kesempatan kolaborasi internasional, penghargaan (award), dana hibah (grant), kesempatan residensi internasional, dan/atau memenangkan lomba dari program/lomba tingkat internasional di bidang komposisi.

    Seniman yang pernah mendapatkan penghargaan/dana hibah internasional dan atau memenangkan lomba bertaraf internasional dalam bidang selain komposisi musik diperkenankan untuk mendaftar.

    Contoh: komposer yang pernah mendapatkan penghargaan internasional sebagai penampil musik namun belum pernah mendapatkan penghargaan internasional sebagai komposer, termasuk dalam kategori dalam poin ini sehingga diperkenankan untuk mendaftar.
     

  5. Telah memiliki setidaknya 1 (satu) karya yang dibuat antara tahun 2017-2022.
     

  6. Bersedia mengikuti 8x pertemuan online #KelasKomposisi yang diselenggarakan setiap hari Sabtu, pukul 08:00-09:40 WIB secara daring (online) mulai dari 9 Juli hingga 27 Agustus 2022.

Pendaftaran

 
  1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 23 Mei hingga 3 Juni 23:59 WIB. Pendaftar yang mengisi formulir pendaftaran lewat dari tanggal dan jam tersebut akan dianggap tidak memenuhi syarat.
     

  2. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir berikut ini https://tinyurl.com/PendaftaranKelasKomposisi
     

  3. Yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar adalah:

    Data diri: nama, alamat email, bulan dan tahun kelahiran, asal (kota kelahiran), kota domisili, dan gender.

    Data terkait profesi sebagai komposer: tahun mulai menggeluti bidang komposisi musik dan genre musik yang digeluti.

    1 (satu) portofolio karya komposisi dalam bentuk tautan (link). Dapat berupa tautan menuju YouTube, Instagram, Twitter, atau Google Drive. Tautan tersebut harus dapat diakses tanpa perlu kata kunci atau permohonan akses selama proses pendaftaran hingga proses seleksi. Portofolio yang tidak dapat dibuka/diakses selama proses pendaftaran/seleksi akan dianggap tidak memenuhi syarat.

    CV/Resume maksimal 2 halaman dan maksimal besarnya file 1 MB (Megabyte).

    Esai pendek tentang apa yang telah dilakukan selama berkarya sebagai komposer (maksimal 250 kata).

    Esai pendek tentang rencana karir dalam 10 tahun mendatang (maksimal 250 kata).

    Esai pendek tentang apa yang ingin dipelajari dalam #KelasKomposisi (maksimal 250 kata).

    Pernyataan bahwa belum pernah berkesempatan melakukan kolaborasi internasional, mengikuti kegiatan residensi internasional, menerima penghargaan, dana hibah, atau memenangkan lomba dalam bidang komposisi musik bertaraf internasional.

    Pernyataan kesanggupan untuk mengikuti 8x Kelas Komposisi setiap hari Sabtu, pukul 08:00-09:40 WIB dari tanggal 9 Juli hingga 27 Agustus 2022.

Pengumuman Peserta #KelasKomposisi

 
  1. Pendaftar yang terpilih untuk mengikuti kelas dalam sesi Juli-Agustus 2022 ini akan dihubungi antara tanggal 10-20 Juni 2022 secara pribadi melalui alamat email yang didaftarkan dalam formulir pendaftaran. Pendaftar diberi waktu 7 hari untuk merespon email tersebut, dan jika dalam waktu 7 hari sejak email dikirimkan tidak ada respon, maka posisinya sebagai peserta kelas akan digantikan oleh pendaftar yang berada pada daftar tunggu (waiting list).
     

  2. Pendaftar yang memenuhi syarat akan dipertimbangkan keikutsertaannya dalam #KelasKomposisi berdasarkan portofolio dan minat untuk mengikuti kelas ini. Namun demikian, untuk menciptakan kelas dengan peserta yang beragam, keragaman daerah asal, domisili, gender, keragaman tubuh (bodily diversity), dan genre komposisi akan menjadi pertimbangan untuk menentukan daftar peserta kelas.

 

Profil Pemandu #KelasKomposisi

Jay Afrisando merupakan komposer dan seniman multimedia. Dengan menggunakan pendekatan multiindrawi, ia berbagi kesadaran tentang keragaman aural, ekologi akustik, dan interaksi teknologi sehari-hari. Karya-karyanya mengajak khalayak untuk menilik ulang pemahaman kita seputar makhluk hidup, ekosistem, dan teknologi melalui berbagai pendekatan, di antaranya audiovisual, audio spasial, media tetap, dan improvisasi.

Karya-karyanya telah ditampilkan di berbagai perhelatan, di antaranya Walker Art Center Virtual Cinema, ARGOS Projector: The Faraway Nearby, Aural Diversity Conference, Disability Awareness Week, New York City Electroacoustic Music Festival, Linux Audio Conference, Landmark to Lowertown, October Meeting Contemporary Music and Musicians, dan Prix Annelie de Man.

Dalam perwujudan karyanya, Jay telah berkolaborasi dan bekerja sama dengan komposer, instrumentalis, penutur bahasa isyarat, vokalis, seniman visual, koreografer, penari, penulis, pemrogram aplikasi ponsel, penata bunyi, aktor, penata panggung, videografer, dan penonton, yang meliputi Jamil Haque, Gelsey Bell, J-Sun, Yan Pang, Arif Angga, Lee Noble, Duo Gelland, Black Pencil Ensemble, Katie Kummerow, Michael Duffy, Alex Lubet, Katya Shilonosova, Ng Chor Guan, Daniel de Mendoza, Terry Perdanawati, MN Qomaruddin, Banu Antoro, Gading Paksi, Ere Lievonen, Arend Grosfeld, dan Anne Veinberg. Jay juga tergabung dalam projek CHANT (Culture, Healing, Art, Nature, and Technology—projek riset, kolaborasi antara peneliti dari University of Minnesota, Ohio State University, dan University of Louisiana Monroe New Orleans), TIGAtrio (grup improvisasi antarbangsa), dan Jay & Gatra Wardaya (grup yang berfokus pada musik berbasis teks dan musik kontemporer).

Jay meraih gelar pendidikan Doktor (Ph.D.) di bidang Komposisi Musik dari University of Minnesota. Penghargaan yang pernah diterima meliputi Jerome Hill Artist Fellowship 2021-2022 dari Jerome Foundation; ABT Award 2020 dari Art Music Today, Black Pencil Ensemble, dan Trace21; Ambassador’s Award for Excellence 2019 dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat; dan Minnesota Emerging Composer Award 2016 dari American Composers Forum. Ia merupakan alumni OneBeat 2015 dan International Fellowship in Study of Korean Music 2014.